Sejarah dari bitcoin dimulai dengan penemuan dan dilaksanakan oleh disangka pseudonim Satoshi Nakamoto, yang yang terintegrasi banyak ide yang ada dari masyarakat cypherpunk.

Dari awal yang sederhana di tahun 2008 hingga puncak harganya di tahun 2017, Bitcoin telah membawa investor dan dunia cukup lama. Hanya dalam satu dekade, itu berduri dan jatuh dan bersatu dan jatuh lagi.

“Bitcoin mengikuti prinsip ekonomi dan prinsip efisiensi pasar,” kata Hemang Subramanian, asisten profesor di departemen sistem informasi bisnis Universitas Internasional Florida. "Ini adalah aset yang tidak dikendalikan oleh entitas pusat, yang aman, internasional dan dapat dipertukarkan, likuid dan tersedia dalam pasokan terbatas untuk perdagangan. Permintaan pada pasokan yang hampir konstan ini telah menyebabkan harga naik secara tidak proporsional dalam waktu singkat. jangka waktu tertentu, menarik lebih banyak investor."

Beberapa orang akan mengatakan bahwa perjalanan keras Bitcoin telah membuka jalan bagi ribuan mata uang kripto lainnya yang digunakan untuk aktivitas keuangan dan investasi saat ini, katanya. Inilah cara Bitcoin melakukannya.

Sejarah Bitcoin

Sejarah dari bitcoin dimulai dengan penemuan dan dilaksanakan oleh disangka pseudonim Satoshi Nakamoto, yang yang terintegrasi banyak ide yang ada dari masyarakat cypherpunk.

Sepanjang sejarah bitcoin, bitcoin telah mengalami pertumbuhan pesat menjadi mata uang yang signifikan baik secara online maupun offline. Sejak pertengahan 2010-an, beberapa bisnis mulai menerima bitcoin selain mata uang tradisional.

Kapan Bitcoin Muncul?

“Ide di balik Bitcoin diperkenalkan ke dunia pada 31 Oktober 2008, di tengah krisis keuangan oleh orang yang samaran bernama Satoshi Nakamoto,” kata Chetan Chawla, asisten profesor kewirausahaan di North Central College di Naperville, Illinois, yang mempelajari cryptocurrency dan blockchain.

Nakamoto memposting pesan di milis kriptografi berjudul, "Kertas e-cash Bitcoin P2P." Di dalamnya ada tautan ke kertas putih yang disebut "Bitcoin: Sistem Uang Elektronik Peer-to-Peer." Keduanya masih tersedia secara online.

Dalam makalah ini, Nakamoto memaparkan konsep Bitcoin sebagai mata uang digital terdesentralisasi. Menjadi terdesentralisasi berarti tidak ada administrator tunggal melainkan buku besar transaksi publik yang dapat disimpan oleh siapa pun di komputer mereka, kata Kris Marszalek, CEO Crypto.com. "Koin dapat dikirim dari pengguna ke pengguna di jaringan Bitcoin peer-to-peer tanpa perlu perantara."

Pada 3 Januari 2009, blockchain diluncurkan ketika blok pertama, yang disebut blok genesis, ditambang. Transaksi uji pertama terjadi sekitar satu minggu kemudian.

“Untuk beberapa bulan pertama keberadaannya, itu hanya dapat diperoleh oleh penambang yang memvalidasi blockchain Bitcoin,” kata Chawla.

Pada titik ini, Bitcoin tidak memiliki nilai moneter nyata, kata Mark Grabowski, seorang profesor di Universitas Adelphi yang mengajar kursus tentang Bitcoin dan penulis "Cryptocurrencies: A Primer on Digital Money." Penambang – komputer yang memecahkan masalah matematika yang rumit untuk mengungkap bitcoin baru dan memverifikasi bahwa transaksi bitcoin sebelumnya sah dan akurat – akan memperdagangkan Bitcoin bolak-balik hanya untuk bersenang-senang.

Ini akan memakan waktu lebih dari satu tahun untuk transaksi ekonomi pertama terjadi, ketika seorang pria Florida bernegosiasi untuk memiliki dua pizza Papa John, senilai $25, dikirimkan untuk 10.000 bitcoin pada tanggal 22 Mei 2010. "Transaksi itu pada dasarnya menetapkan real awal -harga dunia atau nilai bitcoin pada 4 bitcoin per sen," kata Grabowski.

Maju cepat ke hari ini, dan transaksi yang sama "akan memiliki nilai $114 juta," kata Peter C. Earle, ekonom dan peneliti di American Institute for Economic Research. Untuk menghormati momen penting ini, penggemar dan pendukung cryptocurrency menyerukan 22 Mei Hari Pizza.

"Pada hari-hari awal, transaksi pertama dengan Bitcoin 'dinegosiasikan' di forum internet dengan orang-orang menukar barang dan jasa dengan imbalan bitcoin," kata Garrette Furo, mitra di Wilshire Phoenix, sebuah perusahaan manajemen investasi yang berbasis di New York. "Nilai bitcoin awalnya sewenang-wenang."

Kemudian, pada tahun 2011, penambang dan pembuat kode mulai membangun jaringan lain seperti Ethereum dan Litecoin dan mulai meningkatkan kode di balik blockchain Bitcoin, mengadaptasinya untuk penggunaan yang berbeda, kata Furo.

“Basis aplikasi yang lebih luas ini membawa lebih banyak individu, yang sebagian berkontribusi pada peningkatan nilai yang dirasakan Bitcoin,” katanya. "Ada juga peningkatan penggunaan Bitcoin sebagai mata uang setelah bisnis tertentu mulai menerima aset di samping mata uang tradisional."

Setelah Bitcoin tersedia di bursa pada tahun 2010, menjadi lebih mudah untuk membeli, menjual, memperdagangkan, dan menyimpan. Berkat pertukaran ini, bitcoin juga dapat dihargai terhadap dolar AS, kata Chawla. "Dari terendah beberapa sen pada tahun 2010 hingga tertinggi sepanjang masa pada akhir 2017 ketika setiap bitcoin menyentuh US$20.000, Bitcoin telah menempuh perjalanan jauh dan terus mendominasi pasar mata uang kripto."

Sejarah Harga Bitcoin

“Sejarah Bitcoin sebagian besar merupakan salah satu pertumbuhan astronomi yang diselingi oleh beberapa penghematan harga yang parah,” kata Earle.

Pada Februari 2011, harga bitcoin melewati ambang $1. "Untuk beberapa tahun pertama seiring pertumbuhannya, harganya di bawah $2," kata Marszalek. "Pada Juni 2011, ia mencapai gelembung pertamanya, meroket menjadi sekitar $31 sebelum tenggelam kembali ke kisaran satu digit."

Hampir dua tahun kemudian, pada April 2013, Bitcoin mencapai $200. Pada akhir November tahun yang sama, nilainya lebih dari $1.000. Kemudian naik sepuluh kali lipat menjadi $ 10.000 pada November 2017.

Harga tertinggi Bitcoin adalah sekitar $19.650 pada pertengahan Desember 2017, Earle mengatakan, mencatat ada harga puncak yang berbeda di bursa yang berbeda. "Kemudian turun drastis selama beberapa tahun ke depan."

Gelembung 2017-2018 terutama dipimpin oleh ledakan penawaran koin awal, atau ICO, kata Furo. Beberapa veteran pasar membandingkan gelembung Bitcoin dengan ledakan internet di akhir abad ke-20.

“Semua orang dari tetangga sebelah Anda hingga manajer hedge fund terkaya membicarakan Bitcoin atau altcoin, jaringan atau protokol baru,” kata Furo. "Kegilaan ICO membawa miliaran dolar ke ruang crypto. Investor melihat nilai koin turun secara dramatis pada bulan-bulan awal 2018 karena harga jatuh di tengah ketidakpastian, penipuan, dan kurangnya kepercayaan di antara faktor psikologis dan teknis lainnya."

Setelah jatuhnya nilai bitcoin, apa yang bisa Anda sebut "pasar yang lebih matang" muncul di sekitar mata uang kripto. "Fidelity memasuki ruang kustodian (dan) bank nasional diberi izin untuk menyimpan aset digital," kata Furo. Hari ini, Square menawarkan perdagangan Bitcoin di seluruh 50 negara bagian.

“Karena perkembangan ini, pasar Bitcoin menjadi relatif matang,” katanya. “Pertukaran yang cerdas dan efisien ada, dan pemain inti tingkat institusional mengadopsi langkah-langkah yang diperlukan untuk menciptakan pasar yang berkelanjutan dan layak untuk perdagangan dan investasi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.”

Pandemi global 2020 juga menjadi keuntungan bagi mata uang digital, yang tercermin dari harganya saat ini lebih dari $30.000, kata Marszalek.