Apakah komputer Anda terlalu lama untuk boot? Startup yang cepat dapat membantu mempercepat proses booting PC/laptop Anda.

Pada Windows 10, Anda dapat mengaktifkan "fast startup" untuk mempercepat waktu boot, memungkinkan perangkat untuk memulai dan memuat desktop atau laptop lebih cepat daripada saat menggunakan proses startup tradisional.

Fitur tersebut bukanlah hal baru. Ini telah tersedia sejak Windows 8.x, dan ini adalah mode (bagian dari fitur hibernasi) yang menggabungkan proses hibernasi dan shutdown untuk mencapai waktu boot yang lebih cepat.

Windows 10 seharusnya hadir dengan fast startup diaktifkan secara default, tetapi jika komputer Anda membutuhkan waktu lama untuk boot, Anda mungkin perlu mengaktifkan fitur tersebut untuk mempercepat proses.

Dalam panduan Windows 10 ini , kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk mengaktifkan (atau menonaktifkan) startup cepat di komputer Anda. Jika opsinya hilang, kami juga menguraikan langkah-langkah untuk membuatnya tersedia di power setting.

Apa Itu Fast Startup di Windows 10?

Cara terbaik untuk memahami cara kerja fitur ini adalah dengan menjelaskan hibernasi secara singkat.

Saat menggunakan hibernasi, Windows 10 menyimpan data dalam memori ke file "hiberfil.sys" ke hard drive, memungkinkan Anda untuk melanjutkan sesi sebelumnya bahkan setelah listrik mati.

Fast Startup bekerja dengan cara yang sama, tetapi dengan satu perbedaan. Alih-alih menyimpan seluruh sesi ke hard drive, pengguna akan keluar sebelum status disimpan ke dalam file hibernasi, membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan dan memungkinkan melanjutkan lebih cepat.

Anda dapat mempercepat proses boot dengan solid-state drive yang hebat , atau dengan mencoba memulai dengan cepat.

Cara Mengaktifkan Fast Startup di Windows 10

  1. Buka Settings .
  2. Klik Power & sleep.
  3. Di bawah bagian "Related settings", klik Additional power settings di panel kanan.
  4. Klik opsi Choose what the power button does dari panel navigasi kiri. 
  5. Klik opsi Change settings that are currently unavailable.
  6. Di bawah bagian "Shutdown settings", centang opsi Turn on fast startup.
  7. Klik tombol Save changes.

Cara Menonaktifkan Fast Startup di Windows 10

Meskipun fast startup adalah fitur bagus untuk membuat boot Windows 10 jauh lebih cepat, penting untuk dicatat bahwa cepat tidak selalu merupakan hal yang baik tergantung pada konfigurasi sistem Anda, dan terkadang Anda mungkin ingin tetap mematikannya.

Misalnya, fast startup bisa menjadi akar masalah boot. Juga tidak disarankan untuk mengaktifkan fitur pada sistem dengan ruang hard drive terbatas karena mungkin tidak berfungsi dengan benar.

Selain itu, jika Anda membuat partisi data pada penyiapan dual-boot yang menjalankan Windows 10, data yang Anda coba simpan menggunakan versi Windows atau Linux lain tidak akan dimasukkan ke penyimpanan.

Pengaturan ini juga dapat menyebabkan kehilangan data karena startup yang cepat akan mencoba melindungi struktur file sistem utama Anda agar tidak berubah.

Untuk menonaktifkan fast startup cepat di komputer Anda, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Settings .
  2. Klik Power & sleep.
  3. Di bawah bagian "Related settings", klik Additional power settings di panel kanan.
  4. Klik opsi Choose what the power button does dari panel navigasi kiri. 
  5. Klik opsi Change settings that are currently unavailable.
  6. Di bawah bagian "Shutdown settings", hapus centang opsi Turn on fast startup.
  7. Klik tombol Save changes.