Apple membuat alat yang secara otomatis akan mengirim atau mentransfer semua gambar dan video Anda dari iCloud ke Google.

Jika Anda memiliki banyak foto dan video yang disimpan di layanan cloud apa pun, baik itu iCloud atau Google Photos, merasa ingin berpindah dari platform itu?

Mendownload foto-foto dan video kamu tentu akan memakan banyak gigabyte dan kemudian menguploadnya ke layanan lain membutuhkan banyak waktu, belum lagi data kuota internet anda jika layanan internet anda memiliki batas data.

Ada kabar baik bagi pengguna iCloud Photos yang ingin beralih ke Google Photos: Apple sekarang memiliki alat gratis yang memudahkan untuk mentransfer atau mengirim foto dan video Anda.

Meskipun Anda tidak beralih dari iPhone ke Android, Anda dapat menggunakan alat baru Apple untuk membuat cadangan perpustakaan iCloud Photos kamu.

Di bawah ini saya akan memandu kamu melalui persyaratan dan langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

Persyaratan

Meskipun alat transfer mudah digunakan, hanya dengan beberapa klik untuk memulai proses, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memulai transisi.

Daftar persyaratan di Apple support page mencatat bahwa selain menggunakan iCloud Photos untuk menyimpan gambar dan video Anda, ID Apple Anda harus mengaktifkan two-factor authentication. Selain itu, Anda harus memastikan akun Google Anda memiliki penyimpanan yang cukup untuk menangani transfer.

Cara Transfer Foto dari iCloud Photos ke Google Photos

Bagian terbaik tentang cara Apple membuat alat transfernya adalah Anda tidak perlu mengunduh semua foto dan video, lalu mengunggahnya ke Google Photos secara terpisah. Sebaliknya, Apple menangani transfer setelah Anda menghubungkan ID Apple dan akun Google kamu.

  1. Untuk memulai transfer, Anda harus mengunjungi privacy.apple.com dan masuk ke ID Apple yang ditautkan ke akun Foto iCloud kamu.
  2. Selanjutnya, klik Request to transfer a copy of your data di bawah bagian Transfer a copy of your data.
  3. Klik menu drop-down dan pilih Google Photos, lalu klik dua kotak centang yang ditampilkan, satu untuk foto, satu lagi untuk video.
  4. Klik Continue. Google Photos adalah satu-satunya pilihan yang tersedia saat ini, tetapi sepertinya alat ini dibuat dengan tujuan untuk menambahkan lebih banyak layanan.

Apple akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak penyimpanan perpustakaan foto Anda, dan mengingatkan Anda untuk memeriksa akun Google kamu dan memastikan kamu memiliki cukup ruang. Jika kamu tidak memiliki cukup ruang, transfer akan berhenti dan tidak semuanya akan disalin. Klik Continue setelah kamu memeriksa jumlah penyimpanan akun Googlemu.

Kamu dapat masuk ke Google Drive untuk melihat berapa banyak penyimpanan yang Anda miliki, dan saya juga merekomendasikan masuk ke akun Foto Google Anda dan memeriksa pengaturan kamu untuk melihat seperti apa kualitas foto Anda disimpan. 

Jendela pop-up akan meminta kamu untuk masuk ke akun Google Anda dan memberi Apple akses ke perpustakaan Foto Google Anda. Ikuti petunjuknya. 

Setelah selesai, transfer akan dimulai. Menurut Apple, proses tersebut akan memakan waktu tiga hingga tujuh hari untuk menyelesaikannya. Saat Apple telah menyelesaikan transfer, kamu akan menerima email yang memberi tahu kamu sudah selesai. 

Meskipun ini bukan proses tercepat, ini adalah alat termudah dan paling tepercaya yang pernah saya lihat. Untuk seseorang yang beralih ke Android dan meninggalkan iPhone. Ingat, Google akan menghapus penyimpanan gratis tanpa batas mulai 1 Juni 2021, tetapi foto atau video yang kamu transfer sebelum tanggal tersebut tidak akan dihitung.